[PERSONAL] Hidup Manusia

Beberapa waktu yang lalu saat aku sedang menonton Animal Planet, muncul satu acara berjudul "I Was Prey". Aku memang sudah penasaran dengan acara ini. Menurut penjelasan di website-nya dan yang juga terlihat dari iklan maupun judulnya, acara ini menceritakan tentang pengalaman orang-orang yang diserang oleh hewan liar (buaya, leopard, dll). Saat memutuskan menonton, entah apa yang kuharapkan akan kudapat dalam melihat acara ini... yang pasti aku sangat terkejut...


Apa yang dialami orang-orang itu sangat mengerikan, menurutku. Bagaimana tidak? Di cakar seekor kucing domestik saja terkadang membuat kita berteriak kesakitan. Orang-orang ini bukan lagi di cakar oleh si meong yang mungkin kesal karena kita ganggu, mengajak bermain, atau meminta makanan kita. Orang-orang ini diserang oleh hewan liar, yang liar dan besar... dan yang paling mengerikan adalah... mereka kelaparan. Hewan-hewan liar itu tidak berusaha mengambil makanan orang-orang itu seperti si meong.... tetapi berusaha memakan mereka.

Korban-korban penyerangan hewan liar itu menceritakan pengalamannya dengan detail diikuti gambaran visual. (Terasa seperti ketika mbak bercerita tentang hal-hal psikopat...). Tidak habis pikir, mereka masih bisa berusaha untuk hidup melawan hewan liar itu. Mereka masih bisa melawan dan di saat yang sama, salah seorang korban bercerita apa yang ia pikirkan saat melihat mata beruang yang menyerangnya, "salah satu tangan saya masih bebas dan saya berpikir untuk menusuk matanya. Tapi tidak adil jika saya memukul matanya. Itu-menyerang mata lawan- hanya bisa dilakukan manusia." Hebatnya lagi, ia masih bisa berpikir, "jika aku mati karena di bunuh seekor beruang, itu sangat tidak bagus untuk anak saya." Hingga akhirnya ia putuskan untuk melawan beruang itu untuk bertahan hidup dan kabur.

Ketika mereka berhasil lolos, bukan berarti mereka lolos begitu saja. Sebagian besar dari mereka bisa lari menjauh dari hewan liar itu, tapi sebagai gantinya, mereka kehilangan dan mengalami kerusakan parah pada beberapa bagian tubuhnya. Tubuh mereka hancur melawan hewan liar yang kelaparan.

Bagaimana mereka yang mengalami kejadian itu bisa duduk di acara itu dan menceritakan pengalaman menyakitkan itu? Berapa lama mereka menguatkan diri mereka untuk bisa menceritakan itu lagi? Mendengar cerita mereka saja aku merasa panik, khawatir, dan paranoid. Seandainya itu aku... apakah aku bisa bertahan?

Untuk saat ini aku hanya bisa menonton dua episode. Acara ini masih terlalu mengerikan untukku...

Comments

More talk

Pengalaman Mengajukan VISA Korea Selatan (November 2019)

Pengalaman Mengurus Legalisasi Dokumen Apostille (Februari 2020)

[PERSONAL] 2018 Singer Playlist