[REVIEW] Dog Whisperer with Cesar Millan


Melalui acara ini, aku mengenal Cesar Millan, seorang Dog Whisperer. Acara ini ditayangkan oleh Nat Geo Wild sejak tahun 2004 hingga 2012, kemudian dilanjutkan dengan Cesar 911 di tahun 2014 yang diberhentikan pada tahun 2016 karena cara dia melatih dianggap menyakiti hewan. Tapi, aku justru tidak melihat itu. Apa yang dia lakukan itu masuk akal, karena yang seperti dia selalu katakan, dia melakukan apa yang anjing biasa lakukan pada anjing. Dapat dibuktikan cara ia melatih dapat memperbaiki sikap anjing dan menyelamatkan mereka dari euthanasia. 

Mana yang lebih baik? 
Mati karena cinta, atau hidup dengan melalui latihan keras?

Manusia merasa ketika anjing itu tidak dapat diatur, itu adalah kesalahan anjing itu sepenuhnya. Tapi apa benar seperti itu? Terkadang kita harus melihat ke diri kita sendiri. Ketika ada sesuatu yang salah dan itu terjadi terus menerus, apakah itu kesalahan orang lain, atau mungkin ada yang salah dengan diri kita.

Hal ini tidak terlepas dengan hubungan antar manusia. Terkadang cinta yang berlebihan menimbulkan masalah besar, karena kita dibiarkan salah, tidak diajarkan cara hidup yang tepat, sehingga ketika kita terjun ke dunia nyata atau dapat dikatakan dunia orang dewasa, kita tidak tahu bagaimana cara hidup, cara berkomunikasi, cara bersaing, dan sebagainya. Kita dibiarkan salah, bahkan dipuji ketika melakukan kesalahan itu, sehingga yang kita tahu adalah apapun yang kita lakukan itu benar, apa yang orang lain lakukan itu salah, tanpa logika kita berjalan, tanpa mau belajar dan peduli dengan orang lain. Kita akan jadi seperti anak-anak. EGOIS. 

Jujur saja, aku memiliki masalah itu, masih sampai sekarang, dan aku masih harus terus diingatkan... karena 24 tahun bukanlah waktu yang sebentar. Apa yang aku lihat di acara ini mendukung dengan apa yang selalu mbak Yessy bilang padaku, aku menganggap ini sebagai suplemen tambahan. 

Karakter para pemilik anjing sangat berpengaruh dengan sikap anjing peliharaan mereka. Beberapa orang dengan pikiran terbuka menerima masukan dari Cesar dan bekerja keras untuk memperbaiki DIRI mereka yang kemudian akan berpengaruh pada sikap anjing peliharaannya. Tetapi ada juga orang yang merasa apa yang dilakukan Cesar terlalu keras dan perlu pengulangan dan bukti yang meyakinkannya untuk merubah DIRI mereka. Bahkan pada satu episode ada salah seorang pemilik yang memutuskan untuk me-euthanasia karena menurutnya itu yang terbaik. Bagaimanapun juga, itu antara DIRI kita sendiri. Apakah kita MAU atau tidak. 

Seperti motto Cesar,

"I rehabilitate dog, I train people."

menurutnya dalam beberapa pertemuannya dengan pemilik-pemilik anjing yang bermasalah adalah merubah diri manusia. Manusia itu mudah berpikir negatif tentang dirinya. Tidak mempercayai apa yang dia mampu. Otak menerima itu dan itulah yang terjadi. AKU TIDAK MAMPU. 

Memperbaiki diri itu sulit. Tapi ketika kamu tahu ada yang salah dengan dirimu, apakah kamu akan membiarkan itu? Cari motivasimu untuk berubah, yakinkan dirimu tidak ada yang tidak bisa, terlambat itu ada tetapi kamu harus mengejarnya, karena waktu terus berjalan dan kehidupan ingin mengajarkanmu menjadi manusia yang lebih baik!

Ini adalah motivasi untuk diriku:
Aku ingin menjadi lebih baik, karena aku ingin menjadi manusia yang hidup dengan manusia!

Comments

More talk

Pengalaman Mengajukan VISA Korea Selatan (November 2019)

Pengalaman Mengurus Legalisasi Dokumen Apostille (Februari 2020)

[PERSONAL] 2018 Singer Playlist