[PERSONAL] 2018 Singer Playlist

Tahun ini adalah tahun dimana aku sering mendengarkan lagu di saat sepi, depresi dan mencari motivasi. Sebagian besar lagu yang kudengarkan merupakan rekomendasi dari mbak Yessy yaitu lagu-lagu yang bercerita dan menyemangati. Beberapa lainnya adalah lagu-lagu yang kutemukan untuk menyadarkanku dari depresi, dan ternyata lagu-lagu itu termasuk dari lagu yang direkomendasikan Dolan Twins. Karena di akhir tahun kemarin aku sedang menggemari Dolan Twins, awal tahun ini kumulai dengan lagu-lagu rekomendasi mereka. Saat itulah aku menyadari mereka juga orang-orang yang sedang mengalami pergolakan batin. Sehingga mereka harus diam dalam beberapa waktu.

Baiklah, langsung saja aku sebutkan para penyanyi yang karya-karyanya berkesan untukku di tahun 2018!

1. Kygo


Seorang penyanyi asal Norwegia yang dikenalkan oleh mbak kepadaku. Mbak berkata akhirnya menemukan musik yang satu nuansa dengan Avicii, meskipun lebih melankolis. Lagu yang dikenalkan padaku berjudul Happy Now. Ternyata lagu ini dinyanyikan oleh penyanyi yang sama-sama dari Skandinavia bernama Sandro Cavazza.
Saat aku mendengarkan lagu-lagu Kygo yang lain, ternyata beberapa aku pernah mendengar dan menyukainya. Aku juga menyukai sebagian besar lagunya yang lain. Dia salah seorang musisi yang saat ini lagunya sangat sering kuputar.



2. P!nk


Penyanyi perempuan Amerika yang dikenalkan mbak kepadaku. Lagu-lagunya sangat kuat, banyak membicarakan tentang mimpi dan kesadaran diri, juga membicarakan tentang masalah-masalah sosial. Aku mendengarkan lagu-lagu Pink ketika membutuhkan motivasi. Tapi entah kenapa lagu-lagu Pink sering sekali membuatku menangis, seperti What About Us dan A Million Dreams.
Kami tidak hanya mendengarkan lagunya, tetapi juga mengikuti keluarganya. Ia memiliki seorang suami, Hart, yang sangat mendukung pekerjaannya, seorang anak perempuan, Willow, dan anak laki-laki, Jameson. Karakter mbak sangat mirip dengan Pink, begitupula dengan neng Keiza, setiap aku melihat foto atau video Willow, aku selalu ingat dengan neng Keiza. Sangat menyenangkan mengikuti keluarga mereka. Pink seorang perempuan yang sangat maskulin, tetapi di saat yang sama dia sangatlah feminin. Dia seseorang yang sangat mendukung sesamanya.

3. Imagine Dragons

Aku tidak terlalu ingat bagaimana bisa mengenal band ini. Imagine Dragons adalah band yang salah satu lagunya sangat cocok denganku, Zero. Mungkin aku mengenal mereka dari lagu ini. Aku memang sering melihat nama band ini, tapi tidak pernah tertarik untuk mengetahui lebih lanjut. Suatu hari saat sedang mendengarkan lagu di youtube aku melihat band ini dengan gambar kucing dan foto mereka sebagai cover art musik video mereka. Saat kutonton, rasanya sangat tertohok. Lagu ini sangat cocok dengan keadaanku. Kedaan seseorang yang terjebak dalam dunia palsu dan membutuhkan pertolongan untuk menginjak bumi lagi.
Setelah itu aku mulai mendengarkan lagu mereka yang lainnya dan ternyata lagu-lagu mereka sangat kuat dan keras. Sangat cocok dengan karakter mbak. Oleh karena itu aku langsung mengenalkan lagu-lagu mereka kepada mbak. Salah satu band yang lagu-lagunya sangat sering aku dengarkan. Aku menyukai hampir semua lagunya, salah satu lagu favoritku dari band ini adalah Whatever It Takes. Aku mendengarkan lagu mereka saat membutuhkan motivasi. 

4. OneRepublic

Aku mengenal mereka dari lagu mereka yang berjudul Counting Stars. Saat itu ada suatu masalah yang cocok sekali dengan lagu ini. Aku langsung menyampaikan tentang lagu ini kepada mbak. Lagu-lagu mereka juga menyampaikan hal-hal yang kuat dan keras. 
Salah satu yang menarik dari band ini adalah cover album Native mereka. Pada cover albumnya, mereka menggunakan foto hewan-hewan liar. Entah kenapa hal itu sangat menyentuhku.


5. Andrea Bocelli

Seorang penyanyi Italia legendaris yang dikenalkan oleh mbak. Aku sangat menikmati lagu-lagunya meskipun aku tidak paham sebagian besar liriknya. Sangat nikmat didengarkan saat menginginkan suasana tenang. 
Salah satu yang membuatku semakin menyukainya (selain karena beliau orang Italia), adalah lagu terbarunya yang dinyanyikan bersama anaknya Matteo. Lagu tersebut berjudul Fall On Me. Aku langsung menangis mendengar lagu ini, karena merasakan nuansa kasih antara beliau dengan anaknya saat menyanyikannya. Aku semakin menyukai lagu ini saat menemukan bahwa ternyata lagu ini dijadikan soundtrack film The Nutcraker And The Four Realms. Video resmi menggunakan scene film ini dirilis bersama dengan lagu berbahasa Inggris penuh. Aku belum menonton film ini, tetapi dalam video itu ditampilkan hubungan antara anak perempuan dengan Ayahnya. Aku tidak bisa tidak menangis saat menonton video ini. Mungkin aku membutuhkannya dan selama ini aku menepisnya... Penyesalan selalu datang di akhir.

6. Coldplay

Band yang aku kenal dari koleksi CD Affa. Affa juga salah seorang yang menyumbangkan penyanyi-penyanyi favorit padaku. Aku sangat menyukai nuansa lagu-lagu Coldplay. Setiap mendengar lagu mereka, aku merasa di bawa pada suatu dunia lain.
Coldplay menyampaikan lagu-lagu yang kuat dengan musiknya yang lembut seperti Something Just Like This dan Viva La Vida. Aku mendengarkan lagu-lagu mereka untuk mengingatkan dan menyadarkan diri. Beberapa lagu yang aku sukai yaitu dua lagu yang sudah kusebutkan di awal, kemudian Fix You dan Yellow. Yellow adalah salah satu lagu yang paling sering aku dengarkan... karena mengingatkanku pada Valentino Rossi

7. Grace VanderWaal


Seorang anak perempuan yang sangat berkarakter. Mbak mengenalkanku dengan memperdengarkan lagunya yang berjudul I Don't Know My Name. Aku terharu saat mendengarkan lagu itu. Seorang anak kecil dapat menyampaikan kesepiannya melalui lagu dengan sangat bagus. Mungkin tidak hanya anak kecil yang merasakan kesepian seperti dirinya, orang-orang dewasa pun banyak yang merasakannya tetapi tidak dapak menyampaikan hal itu.
Grace menulis sendiri lagunya dan menyanyikannya di America Got Talent tahun 2016. Orang-orang sangat terkejut ketika ia mulai bernyanyi dan memainkan alat musiknya. Dia anak yang dapat menggunakan sihir kata-kata. Kata-kata yang dipilihnya saat diberi pertanyaan sangat menarik dan mengundang takdirnya. Aku mendengar lagu-lagunya untuk memotivasi diri. Lagu-lagunya membicarakan tentang kesadaran diri dan pentingnya untuk menjadi diri sendiri. 


8. The Fray

Aku mendengar tentang band ini dari Dolan Twins. Saat itu mereka membicarakan tentang satu lagu yaitu How to Save a Life. Ethan mengatakan ini adalah lagu tersedih yang dia tahu. Karena aku menyukai mereka, saat itu, tentu saja aku mencari tahu tentang lagu itu dan ternyata aku jadi menyukai band ini.
The Fray banyak menceritakan tentang kesepian, penyesalan dan kekecewaan terhadap diri sendiri dalam lagunya. Memang pada saat itu suasana depresi sedang melingkupiku sehingga aku sering mendengarkan lagu-lagu mereka untuk menyadarkan dan menguatkan diri untuk tidak menyerah. 

9. Passenger

Passenger adalah penyanyi favorit mbak. Mbak juga yang mengenalkanku dengan Passenger. Lagu dan musiknya sangat menenangkan. Aku menyukai lagu-lagunya karena lirik-liriknya seperti menceritakan pengalaman hidupnya. Lirik lagunya seperti puisi yang dibuat menjadi lagu. Selain itu ia banyak menyampaikan pesan-pesan kehidupan dalam lagunya, dengan simpel. Aku suka mendengarkan lagu Passenger ketika membutuhkan penyadaran dan motivasi di suasana yang tenang. 
Grace dan Passenger memiliki warna yang sama dalam musiknya. Mereka sama-sama memainkan alat musik sendiri, lebih banyak akustik dalam lagu-lagu mereka, dan mereka menceritakan pengalaman hidup mereka dalam lagu. Aku sangat menyukai kedua penyanyi ini. 


10. Kodaline


Aku juga mengenal band ini dari Dolan Twins. Sepertinya dari album playlist mereka. Nuansa band ini sama seperti The Fray. Lagu-lagu Kodaline menceritakan penyesalan, kekecewaan, dan kekuatan dalam keyakinan. Mereka menyampaikan lagu dengan cara yang berbeda dengan The Fray. Salah satu lagu yang paling aku sukai dari band ini adalah Brothers. Aku langsung teringat dengan Ace dan Luffy saat mendengar lagu ini. 
Mereka salah satu band yang sering kudengarkan di masa depresi, oleh karenanya band ini juga salah satu yang menguatkan untuk tetap bertahan dan untuk tidak menyerah. Menyadarkanku bahwa manusia tidak bisa hidup sendiri, tidak bisa memikirkan diri sendiri. Bagaimanapun juga seseorang akan membutuhkan orang lain untuk dapat menjalani kehidupan.

11. Nickelback


Aku pernah mendengar band ini pada saat One Piece film Z tayang. Avril pada saat itu menyanyikan lagu berjudul How You Remind Me yang ternyata adalah lagu dari band ini. Aku tidak terlalu memperhatikan mereka hingga di pertengahan tahun ini... entah apa yang kucari saat itu, aku menemukan lagu mereka yang berjudul If Today Was Your Last Day. Aku masih dalam masa depresi saat menemukan lagu ini. Aku langsung menangis saat mendengar lagu ini. Lagu ini menyadarkanku bahwa semua yang selama ini aku alami ini adalah kesalahanku sendiri. Kesalahan kecil yang menjadi besar. Dan semua yang mereka sampaikan di lagu itu telah disampaikan oleh mbak juga selama beberapa lama kami mengenal. Aku mendengarkan lagu ini berulang-ulang agar aku bisa menamnamkannya dalam pikiran, untuk mengingatkan dan menyadarkanku. Kata-kata yang paling aku sukai dari lagu ini adalah "...you know it's never too late to shift for the start regardless of who you are. So do whatever it takes cause you can't rewind a moment in this life." Setelah mendengar lagu mereka yang lain, aku menemukan mereka menyanyikan beberapa lagu tentang depresi. Depresi memang perlu disadari, pertama dari diri sendiri dulu. Band ini menjadi salah satu favoritku sekarang.


12. Marshmello

Tahun ini, aku sempat kembali mengeksplor Hetalia khususnya MMD, karena aku sedang intens dengan Miku dan MMD. Aku menemukan satu MMD berjudul Friends dengan US sebagai karakternya. Desain karakternya sangat bagus dan video editnya pun sangat halus. Aku langsung mencari penyanyi asli lagu tersebut dan bertemulah dengan Marshmello. Lagu-lagu Marshmello sangat POP. Aku suka mendengarkan lagu-lagu Marshmallo untuk banyak bergerak.


13. Avicii

Avicii adalah musisi favorit mbak. Setiap membutuhkan semangat, mbak akan memainkan lagu-lagu Avicii khususnya The Nights. Lagu-lagu Avicii sangat kuat dan bersemangat. Ia banyak menyampaikan tentang kekuatan dan semangat hidup yang harus diperjuangkan.
Berita tentang meninggalnya Avicii sangat mengejutkan kami. Kami seperti kehilangan penyemangat sehari-hari kami. Lagu Without You ciptaannya bisa digunakan untuk menggambarkan perasaan kami padanya saat ini. Meskipun begitu sampai sekarang kami masih suka mendengarkan lagu-lagunya. Semangatnya akan terus hidup dalam lagu-lagu ciptaannya.

Musik telah menjadi bagian kehidupanku di tahun 2018 ini. Bahkan aku baru dapat tersadar setelah mendengar lagu.
Kata-kata memberi inspirasi dalam pikiran kita yang akan mengundang takdir kelak - Feminist Brings Joy. 
Aku sangat mempercayainya, karena itulah yang aku rasakan saat ini. Kata-kata adalah kekuatan terbesar, oleh karena itu berhati-hatilah saat berkata-kata... baik yang terucap maupun tak terucap.

Comments

More talk

Pengalaman Mengajukan VISA Korea Selatan (November 2019)

Pengalaman Mengurus Legalisasi Dokumen Apostille (Februari 2020)